Kegiatan Peringatan Hari Pangan Sedunia

Tanggal 16 Oktober diperingati sebagai hari pangan sedunia. Hari pangan sedunia didirikan oleh negara-negara anggota FAO pada konferensi umum ke-20 pada bulan November 1979. Peringatan hari pangan sedunia ini mempunyai tujuan yang sangat penting untuk diketahui masyarakat saat ini, yaitu untuk memberikan kesadaran bahwa suatu negara harus mempunyai ketahanan pangan yang baik agar kehidupan masyarakat terjamin.

Pada tahun ini, tema hari pangan sedunia adalah “Water is life, water is food. Leave no one behind” atau dalam Bahasa Indonesia artinya adalah “Air adalah kehidupan, air adalah makanan. Jangan tinggalkan siapapun.” Salah satu tujuan tema ini diambil adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat secara global tentang pentingnya mengelola air secara bijaksana.

Pada peringatan hari pangan sedunia ini, SD Marsudirini Bogor mengadakan kegiatan memasak dan menyantap sajian makanan sehat yang di buat oleh siswa untuk siswa, yaitu yang memasak adalah siswa dan yang akan menikmati makanannya adalah semua siswa yang ada. Olahan tersebut diantarannya Jagung rebus, Kacang rebus, labu, pisang rebus, kacang bogor, singkong rebus dan ubi.

Kegiantan yang di adakan SD Marsudirini Bogor pada tanggal 23 Oktober 2023 ini selain untuk memperingati Hari Pangan Sedunia juga bertujuan untuk mengenalkan pada para siswa berbagai olahan makanan tradisional yang di hasilkan dari alam di Indonesia ini, cara pengolahannya dan cara menikmatinnya. Kegiatan ini juga sekaligus mengenalkan pada para siswa berbagai jenis tumbuhan yang menghasilkan buah atau biji yang bisa di olah untuk di makan. Selain itu siswa juga di ajak bermain game kuis yang berisi tentang pengenalan nama-nama berbagai tumbuhan yang menghasilakn buah dan biji yang tumbuh di Indonesia.

Acara berlangsung sangat meriah dan menyenangkan, Siswa-Siswi SD Marsudirini Bogor sangat antusias dan bersemangat untuk mengikutinya. Setelah acara masak dan makan bersama selesai para siswa di ajak untuk membut poster tentang Hari Pangan Sedunia, seperti ajakan untuk menghabiskan makananmu, berhemat air dan banyak lagi yang lainnya.

Selamat Hari Pangan Sedunia, “HABISKAN MAKANANMU”, “MARI BIJAKSANA MENGGUNAKAN AIR”

By : admin

Posted in: SD