SINERGI MARSUDIRINI DI HARI MENANAM POHON INDONESIA

Marsudirini sebagai sekolah yang menghayati spiritualitas Santo Fransiskus Assisi, Bapak Ekologi Dunia, turut beraksi di Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Pada HMPI tanggal 28 November 2020, Sekolah Marsudirini Bogor bersinergi dengan Marsudirini Tanjung Priok, Matraman, dan Bekasi menyelenggarakan acara “menanam” bersama.

Rangkaian acara diawali dengan menanam bibit pohon oleh perwakilan unit TK, SD, SMP, dan SMA. Dilanjutkan dengan penanaman beberapa bibit tanaman oleh para Suster dari tiap Perwakilan Marsudirini. Bibit-bibit tanaman yang ditanam adalah bibit zaitun, bibit melati, bibit nanas, bibit kenikir, dan bibit serai.

Bibit zaitun sebagai lambang perdamaian dipilih dengan harapan Marsudirini menjadi tempat hadirnya damai bagi seluruh umat dan segenap alam. Melati menjadi tanaman yang dipilih karena melambangkan kesucian. Sekolah Marsudirini meneladan Bunda Maria selalu mengupayakan kehidupan yang suci. Tanaman nanas yang selalu tumbuh tegak menjadi semangat bagi Marsudirini yang senantiasa tegak berdiri di tengah tantangan zaman dan pandemi. Tanaman kenikir yang memiliki bunga dengan warna cemerlang menjadi lambang bahwa Marsudirini terus berupaya memancarkan kasih, sukacita, dan pengharapan bagi sekalian insan. Serai, tanaman yang sangat mudah berkembang menjadi rumpun yang besar, menjadi harapan semoga Marsudirini terus bertumbuh dan berkembang dalam karya pelayanan melintasi zaman.

Aksi menanam bersama ini sekaligus menanggapi seruan Bapa Paus Fransiskus dalam Laudato Si. Bapa Paus mengharapkan kita melakukan gerakan pertobatan ekologi dengan aksi nyata merawat bumi sebagai rumah bersama. On the care for our common home. Marsudirini mengajak kita semua untuk menanam pohon sebagai wujud mengasihi bumi dan kehidupan. (Dion)

Posted in: TK