Pendalaman Aksi Adven Pembangunan Tahun 2020

SD Marsudirini Bogor sebagai bagian dari Gereja Keuskupan Bogor turut ambil bagian dalam kegiatan pendalaman Aksi Adven Pembangunan (AAP). Pendalaman AAP dilaksanakan oleh guru bersama para peserta didik secara daring. Meskipun secara daring, peserta didik diajak untuk tetap mengikuti kegiatan secara khusyuk.

Tema pendalaman AAP Keuskupan Bogor tahun ini adalah “Natal: Paradigma Baru Terhadap Makanan”. Pendalaman AAP dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Kegiatan tersebut dipandu oleh para guru secara bergantian.

Pada pertemuan pertama, peserta didik diajak untuk mensyukuri makanan sebagai berkat dari Tuhan. Para peserta didik diajak untuk melakukan gerakan menghargai makanan yang disediakan setiap hari. Salah satu caranya dengan berdoa sebagai tanda syukur kepada Tuhan Sang Pemberi. Dalam doa, peserta didik juga diajak untuk mendoakan sesama yang membantu tersedianya kebutuhan makanan baginya.

 Pada pertemuan kedua, peserta didik disadarkan tentang permasalahan sampah makanan. Seringkali, kita menyisakan makanan dan membuangnya begitu saja. Padahal, di sekitar kita masih banyak orang yang butuh makanan. Pendalaman ini menekankan kepada peserta didik supaya membiasakan diri untuk makan sesuai kebutuhan sebagai upaya mengurangi sampah makanan. Aksi yang diharapkan adalah bisa berbagi makanan bagi sesama yang membutuhkan.

Pertemuan ketiga pendalaman AAP secara khusus mengajak peserta didik untuk bijaksana dalam mengolah dan mengelola makanan. Caranya antara lain dengan menyimpan makanan dengan cara yang benar. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi sampah makanan. Makanan lebih sebaiknya disimpan sehingga dapat dikonsumsi kembali.

Melalui pendalaman AAP, peserta didik SD Marsudirini diharapkan memiliki karakter yang positif. Ini adalah salah satu pembiasaan yang dilakukan guna mewujudkan internalisasi nilai Kemarsudirinian bagi para peserta didik. (Dion)

Posted in: SD