Pembinaan dan Pelatihan

1. Latihan Dasar Kepemimpinan

Sekolah Menengah Pertama Marsudirini melaksanakan suatu program pembentukan karakter pemimpin sejak usia muda. Sehingga dapat berperan aktif baik di lingkungan kelas, sekolah, keluarga, dan di lingkungan masyarakat. Kepemimpinan ini diolah dalam suatu latihan dasar kepemimpinan yang bertolak dari visi sekolah Marsudirini. Dalam proses ini peserta akan dikembangkan dalam hal : penemuan jati diri, kedisiplinan, penghargaan, daya juang, kerja sama, tanggung jawab, kerendahan hati dan motivasi serta komitmen pribadi. Nilai-nilai ini akan diolah dan ditumbuhkan dalam semangat pelayanan dan kasih sebagai landasan fundamental dan lingkaran aksi – refleksi yang mewarnai setiap langkah pembelajaran spiritualitas Pelindung sekolah.

Tujuan diadakannya latihan kepemimpinan dasar ini adalah :

  1. Siswa dapat mengenali jati dirinya : kelemahan dan kekuatan dirinya.
  2. Siswa dapat mengenal pribadi orang lain dan mampu menempatkan diri di hadapan orang lain dengan baik dan bertanggung jawab.
  3. Siswa menyadari akan sikap hidup yang positif
  4. Siswa mampu menyusun langkah-langkah nyata bagi hidupnya dalam rangka untuk menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri.

 

2. Latihan Kepemimpinan Lanjut

LKL merupakan pembinaan kepemimpinan lanjutan dari LDK. Program kepemimpinan ini diolah dalam suatu bentuk kegiatan latihan kepemimpinan yang bertitik tumpu pada visi sekolah Marsudirini. Dalam proses siswa akan dikembangkan dalam hal : pemahaman jati diri, kedisiplinan, penghargaan, daya juang, tanggung jawab, kerendahan hati, dan interaksi sosial serta komitmen pribadi.

Nilai-nilai dasar tersebut akan diperdalam, diolah dan ditumbuhkan dalam semangat pelayanan dan kasih Allah sebagai landasan fundamental dan lingkaran aksi. Sikap reflektif merupakan ujung tombak dari sebuah pengolahan iman di setiap langkah pembelajaran spiritualitas Deus Providebit Ibu Magdalena Daemen dan keteladanan Bapa Fransiskus Asisi dalam setiap prosesnya.

Tujuan latihan kepemimpinan lanjut ini adalah :

  1. Siswa dapat memahami jati dirinya melalui kelemahan dan kekuatan dirinya.
  2. Siswa dapat memahami setiap pribadi dan ciptaan-Nya sehingga mampu menempatkan diri di hadapan orang lain dan alam ciptaan-Nya dengan baik dan bertanggung jawab.
  3. Siswa menyadari akan sikap hidup dan tauladan  Bapa Fransiskus Assisi dan Ibu Magdalena Daemen yang bisa menginspirasi di arus pergaulan yang benar.
  4. Siswa mampu menyusun langkah-langkah nyata dalam rangka untuk menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri.
  5. Siswa mampu menjadi tauladan bagi orang lain dimulai dari dirinya sendiri.

 

3.  Retret

Retret di SMP Marsudirini adalah sebagai wujud pembinaan rohani siswa sejak usia muda, sehingga demikian hendaknya dengan penguatan iman maka siswa dapat melanjutkan karya di kelas, sekolah, keluarga, dan di lingkungan masyarakat dengan baik. Kegiatan ini dikembangkan bertolak dari visi Sekolah Marsudirini. Dalam proses ini peserta akan merefleksikan diri dan memahami keberadaan diri di dalam lingkungan, serta menguatkan diri dalam menapaki perjalanan selanjutnya. Nilai-nilai ini akan diolah dan ditumbuhkan dalam semangat pelayanan dan kasih sebagai landasan fundamental dan lingkaran aksi – refleksi yang mewarnai setiap langkah pembelajaran spiritualitas Deus Providebit Ibu Magdalena Daemen.

Tujuan diadakannya retret ini adalah :

  1. Siswa dapat merefleksikan perjalanan selama pembelajaran di SMP Marsudirini.
  2. Siswa dapat memahami arti keberadaan dirinya dalam lingkungannya.
  3. Siswa dapat mensyukuri hidup yang diberikan Tuhan melalui Orangtua, saudara, teman, dan lingkungan sekitarnya
  4. Siswa mampu menyusun langkah-langkah nyata bagi hidupnya dalam rangka menghadapi perjalanan pendidikan selanjutnya

 

4. Pendidikan dan Pelatihan Pengurus OSIS

Dalam upaya menciptakan generasi penerus dalam kepengurusan OSIS yang memiliki potensi unggul sesuai dengan visi Sekolah Marsudirini  maka di SMP Marsudirini diselenggarakan pembinaan calon pengurus OSIS yang sudah terpilih dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan. Melalui kegiatan ini, peserta akan dibekali dengan: kemampuan dasar dalam organisasi, teknik dan strategi perencanaan dan pelaksanaan serta evaluasi kegiatan.

Tujuan diadakannya Pendidikan dan Pelatihan ini adalah bahwa peserta dapat ;

  1. Memahami tentang OSIS
  2. Menerapkan nilai-nilai kepemimpinan dalam diri pengurus OSIS
  3. Mengalami dan menumbuhkan motivasi guna dapat menyusun Program Kerja OSIS