Sejarah

SMA Marsudirini Bogor merupakan pengembangan karya pendidikan dari Yayasan Marsudirini yang berpusat di Semarang. Sebagai pengembangan dari TK-SMP yang sudah didirikan sejak tahun 2002 dan berdasarkan permohonan masyarakat, maka pada tahun 2006 dimulailah proses pembelajaran di SMA Marsudirini Bogor.

Di awal berdirinya, segala aktivitas pembelajaran SMA Marsudirini Bogor berada diĀ  lantai 4 gedung SMP Marsudirini, menampung 14 siswa-siswi sebagai angkatan pertama, dengan Kepala Sekolah Sr. M, Coleta OSF, S. Pd dan dewan guru (5 guru khusus SMA dan dibantu oleh beberapa guru SMP maupun guru luar). Sejalan dengan bertambahnya jumlah siswa dan mengingat pentingnya kenyamanan dalam proses pembelajaran, maka pada tahun 2008 segala aktivitas pembelajaran dipindahkan ke lantai 2 dan 3 hingga sekarang.

Pada tahun pembelajaran 2008/2009 SMA Marsudirini Bogor mendapat kesempatan akreditasi dan memperoleh predikat A. Pada tahun ini juga didirikan asrama (dengan peserta awal 4 siswa) untuk menampung peminat yang berasal dari luar jawa. Setelah meluluskan angkatan pertama, maka ada pergantian kepala sekolah. Pada tahun pembelajaran 2009/2010 Sr. M. Christella OSF, S. Pd mendapat mandat dari Yayasan Marsudirini untuk menjadi kepala sekolah SMA Marsudirini menggantikan Sr. M. Coleta OSF, S. Pd yang mendapat tugas di tempat lain. Khusus untuk sekolah Marsudirini di Bogor ini, mulai tahun pembelajaran ini tugas manajemen dipercayakan kepada awam, sehingga Sr. M. Christella OSF menjadi Koordinator kepala sekolah dan sebagai kepala sekolah SMA-nya adalah Bapak Agustinus Setyo Nugroho, ST.

Dengan bermodalkan semangat ingin berkembang dari seluruh siswa, dewan guru dan Kepala Sekolah, orang tua siswa, dan unit KB-TK, SD, dan SMP, maka di tahun pembelajaran 2014/2015 ini SMA Marsudirini Bogor telah dan akan terus berkembang, baik dari segi jumlah peminat mau pun kualitas pelayanannya.